Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebelum Membeli Produk, Logo Halal (حلال) Mesti Diperhatikan

Sebelum Membeli Produk, Logo Halal (حلال) Mesti Diperhatikan

Pentingnya Logo Halal


Myrharharaodah.blogspot.com – Memang tak dapat dipungkiri bahwa kita sebagai konsumen apalagi mayoritas sebagai umat Muslim terutama Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam.
      Dalam memilih sesuatu yang ingin kita beli apalagi dalam hal bahan makanan ataupun minuman tentunya bukan hanya soal lisensi atau pencantuman tanggal kadaluarsa pada produk makanan dan minuman yang akan kita konsumsi namun yang lebih penting juga yang mesti diperhatikan adalah "Pencantuman Logo Halal (حلال)" jadi hal yang sangat penting dan menjadi pertimbangan yang paling utama ketika membeli sebuah produk. Karena jaman sekaran bukan hanya produk makanan ataupun minuman bahkan obat-obatan saja yang berlogo halal namun produk seperti sabun, shampo, parfum, handbody, dan lain-lainnya yang mesti kita perhatikan logo halalnya sebagai konsumen yang beragama Islam.



     Berdasarkan dari sumber data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada tahun 2021, terdapat sebanyak 237 juta penduduk Muslim di Indonesia. Dengan banyaknya penduduk Muslim di Indonesia, makanan dan minuman halal menjadi hal yang sangat diperhatikan baik oleh pemerintah dan masyarakat. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) mengatakan nilai belanja produk halal dari umat Muslim Indonesia mencapai 135 miliar dolar AS per tahun.


Dimana berdasarkan dari sumber dalam laporan Populix bertajuk “Insights and Customer Perspective of Halal Industry in Indonesia” dijelaskan mengapa logo halal pada makanan atau minuman sangat penting, di antaranya:



1. Konsumen Muslim merasa aman

      Produk dengan logo halal berarti sudah melewati sertifikasi dari pihak terkait. Makanya, keamanannya pun cukup terjamin. Masyarakat bisa dengan tenang mengkonsumsi karena bahan-bahan atau proses pembuatannya sudah dinyatakan aman sesuai kaidah islam.



2. Ada jaminan kualitas mutu

     Selain keamanan, kualitas produk juga gak lagi dipertanyakan. Pencantuman logo halal pada kemasan atau informasi produk agar konsumen Muslim lebih yakin bahwa produk tersebut halal.



3. Sudah berprinsip

     Masyarakat Muslim biasanya akan berpegang teguh pada syariat agama. Jadi, mereka sudah punya prinsip untuk membeli atau menggunakan barang yang sudah dipastikan aman oleh agama.



4. Keterbiasaan

     Menjadi Muslim sedari lahir membuat masyarakat terbiasa untuk membeli barang dengan label halal. Hal ini sudah dilakukan sejak lama dan masih akan dijalankan di masa depan.





Pertimbangan Masyarakat Ketika Membeli Produk


Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 1.014 laki-laki dan perempuan Muslim berusia 17-55 tahun ditemukan beberapa pertimbangan masyarakat ketika membeli produk yaitu:

1. Memiliki logo halal (83%)
2. Mempunyai informasi kandungan yang jelas (80%)
3. Produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan (75%)
4. Kemasan yang ramah lingkungan (52%)
5. Diproduksi di dalam negeri (25%)
6. Kemasan yang dapat digunakan ulang (22%)
7. Diproduksi di luar negeri (7%).



Mayoritas umat Muslim di Indonesia juga mengatakan selain pencantuman logo halal pada produk, aspek lainnya seperti informasi kandungan produk yang jelas (90%), produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan (75%), dan kemasan yang ramah lingkungan (52%).
      Oleh karena itu penting bagi kita untuk memperhatikan semua itu bukan hanya demi kewajiban sebagai orang yang beragama Islam namun itu semua demi kesehatan kita juga. Kalau menurut kalian, seberapa penting label halal buatmu??? ... ...



Post a Comment for "Sebelum Membeli Produk, Logo Halal (حلال) Mesti Diperhatikan"