Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Bermacam-Macam Penyakit

Mengenal Bermacam-Macam Penyakit


Myrharharaodah.blogspot.com – Pernakah kamu sakit ?....
Bagaimana rasanya ?....
Dapatkah kamu menceritakannya ?.....

    Apalagi di musim penghujan sekarang, kita rentang sakit.
Dimana penyakit itu ada yang menular dan ada yang tidak. Penyakit yang tidak menular, misalnya sakit gigi, sariawan dan sakit kepala.
Sedangkan penyakit menular, misalnya influenza, demam berdarah, kolera, TBC (Tuberkulosis), disentri dan lain-lainnya. Adakah di antara kamu yang pernah sakit?


    Mari kita pelajari dan cari tahu penyakit menular dan tidak menular.


A. Penyakit Menular


     Penyakit menular menyebar melalui berbagai macam perantara. Ada penyakit yang menyebar melalui hewan. Ada yang menyebar melalui udara. Ada pula penyakit yang menyebar melalui air, ada pula penyakit menular melalu bakteri.


    Penyakit malaria adalah contoh penyakit yang ditularkan oleh hewan. Hewan menyebarnya ialah nyamuk. Demam berdarah juga di sebabkan oleh nyamuk.
    Nyamuk berkembang biak di air tenang dan teduh. Usahakan di tempat kita tidak ada air tergenang, namun di musim hujan sekarang nyamuk dapat berkembang biak karena banyaknya air. Namun kita mesti rajin membersihkan sampah yang mudah dihinggapi nyamuk tuk bertelur dan mesti jaga kesehatan yang lebih utama.


     Influenza dan penyakit paru-paru misanya TBC (Tuberkulosis) atau biasa di sebut juga TB yang terinfeksi dengan bakteri. Menular melalui percikan di udara, disebarkan dengan perantara udara. Kita bernapas.
Bibit penyakit keluar bersama udara yang diembuskan, bila udara ini terhirup oleh kita, kita telah tertular benyakit. Hindarilah bercakap-cakap langsung dengan penderita influenza atau penyakit paru-paru. Tubuh yang sehat dapat menangkal penyakit ini. Dengan makan teratur dapat meningkatkan kesehatan tubuh.


     Sedangkan beberapa penyakit menular melalui air atau makanan.
Contohny penyakit tifus, disentri dan kolera. Tinja manusia yang sakit tifus penuh dengan bibit penyakit. Bila tinja terbuang ke sungai, air sungai tertular bibit penyakit. Dimana masyarakat yang tinggal di bantaran atau di pinggir sungai terkadang memanfaatkan air sungai sebagai sumber kebutuhan sehari-hari misalnya saja mencuci pakaian dan mandi. Apakah yang terjadi bila air sungai itu terminum?
Tentunya akan berdampak buruk bagi tubuh dan kesehatan tentunya.



B. Penyakit Tidak Menular


     Marilah kita bicarakan penyakit tidak menular. Contoh penyakit tidak menular adalah sakit gigi, sakit kepala, dan sariawan.

1. Sakit Gigi

     Sakit gigi disebabkan gigi keropos. Ini akibat gigi tidak dipelihara dengan baik. Tidak digosok dengan baik.
    Setelah makan, banyak makanan tertinggal di antara gigi. Sisa makanan ini dapat menyebabkan gigi menjadi rusak. Oleh karena itu gosoklah gigimu itu, sesudah makan dan sebelum tidur.


2. Sakit Kepala

    Dapatkah kamu menceritakan bagaimana rasanya sakit kepala?
Sakit kepala banyak penyebabnya. Dimana sakit gigi adalah merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Di dalam tubuh beredar darah ke seluruh tubuh. Darah mengedarkan zat-zat makanan untuk tubuh. Peredaran darah yang kurang lancar mungkin akan mengakibatkan perasaan pening. Dengan olahraga merupakan usaha yang baik untuk memperlancar peredaran darah. Supaya badan tetap sehat, maka dari itu berolahragalah dengan teratur.


3. Sariawan

     Pasti semua orang pernah mengalami yang namanaya sakit sariawan bukan?
Dimana, sariawan atau stomatitis aphtosa adalah luka atau peradangan di bibir dan di dalam mulut. Sariawan atau yang disebut juga dengan stomatitis merupakan peradangan pada mulut yang terasa nyeri, sehingga bisa mengganggu pengidapnya untuk makan, berbicara bahkan berasa tidak enak. Sariawan merupakan luka yang muncul di seputar mulut dan bisa menimbulkan rasa sakit. Penyakit ini tidak menular, tetapi sebaiknya tidak dianggap sepele begitu saja, sariawan umumnya akan hilang dalam beberapa hari atau minggu. Penyebab sariawan beragam, mulai dari kekurangan vitamin, tidak sengaja menggigit lidah atau dinding mulut, alergi terhadap makanan, terkena infeksi virus, Suhu bafan yang tidak teratur, hingga stres. Jika sudah tahu penyebabnya, kamu dapat melakukan pencegahan yang tepat. Nah, ini hal yang perlu dilakukan Penyebab sariawan beragam, mulai dari kekurangan vitamin, tidak sengaja menggigit lidah atau dinding mulut, alergi terhadap makanan, terkena infeksi virus, hingga stres. Jika sudah tahu penyebabnya, kamu dapat melakukan pencegahan yang tepat. Nah, ini hal yang perlu dilakukan untuk mencegah kambuhnya sariawan.
Misalnya, menjaga kebersihan mulut, pilih sikat gigi yang tepat, kurangi makan makanan pedas dan asam, rutin mengonsumsi buah dan sayuran, jangan makan dengan terburu-buru, hindari makan dan minum yang terlalu panas, perbanyak minum air putih, hentikan kebiasaan menggigit bibir,  dan cegah setres.




Akhir Kata :

    Itulah beberapa contoh penyakit yang tidak menular. Untuk itu, jangan khawatir jika teman kita sedang mengalami sakit gigi, atau sakit kepala bahkan jika sariawan. Karena itu bukan penyakit yang menular dan berbahaya bagi kita.

Post a Comment for "Mengenal Bermacam-Macam Penyakit"